Indra Kesuma : KPUD Asahan Tidak Profesional Dalam Menjalankan Fungsinya

edward, 09 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KISARAN - Kinerja Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Asahan, Sumatera Utara dinilai tidak profesional dalam proses tahapan pendaftaran pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Asahan dari jalur independen untuk tahun 2020, hal itu dikatakan Indra Kesuma, kepada para wartawan pada hari Minggu (08/03/2020) di kediamannya.

Dalam tahapan perlu diketahui dimulai dari tanggal 19 sampai tanggal 23 Februari 2020 jadwal pendaftaran atau penyerahan dukungan pasangan balon bupati dan wakil bupati Asahan dari jalur independen telah ditetapkan dan dibuka oleh KPUD Asahan, sementara itu, salah satu pasangan balon Indra Kesuma - Herman, mendaftarkan diri tanggal 23 Febuari 2020 jam 23.00 WIB, dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan oleh KPU, namun salah satu persyaratan, foto copy El-KTP, untuk dukungan perseorangan kurang karena yang akan diserahkan sebanyak 22.549, sedangkan KPUD Asahan telah menetapkan untuk dukungan perseorangan atau melalui jalur independen harus memiliki minimal 38.719 foto copy El-KTP, sehingga kekurangan dukungan perseorangan dari pasangan bakal calon Indra Kesuma - Herman sebanyak 16.170.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kehadiran rombongan paslon diterima langsung oleh Ketua KPU D Kabupaten Asahan Hidayat beserta beberapa Komisioner, bahkan sempat diabadikan (difoto) oleh tim pendukung saat berada diruang tamu kantor KPUD Asahan.

Namun penyarahan dukungan tersebut ditolak oleh KPUD Asahan, dengan alasan tidak memenuhi syarat dan tidak mengisi daftar hadir tamu (buku tamu), dengan rasa kecewa seluruh rombongan langsung pulang meninggalkan kantor KPUD Asahan, setelah sebelumnya sempat terjadi pertengkaran mulut.

Anehnya, setelah beberapa hari terhitung saat pendaftaran tersebut, Ketua KPUD Kabupaten Asahan, Hidayat memberikan komentar disalah satu media online yang mengatakan bahwa balon  pasangan Indra Kusuma, tidak ada datang mendaftar ke KPUD, padahal bakal calon (balon) Indra Kusuma datang ke KPUD Asahan, jalan Sisingamaraja, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 23 Maret 2020 sekira pukul 23.00 WIB, untuk mengantarkan syarat dukungan.

Menurut Indra Kesuma kinerja KPUD Asahan tidak profesional, dan telah melakukan pembohongan publik, seharusnya pihak KPUD Asahan terlebih dahulu menerima pendaftaran tersebut dan melakukan pemeriksaan berkas pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan.

Sesuai prosedur seharusnya dihitung satu persatu syarat dukungan yang diserahkan, sebelum nantinya dinyatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai paslon perseorangan, jika memang nantinya ada ditemukan kekurangan, pihak tim pasangan balon bupati Indra Kesuma bisa melengkapinya, sampai waktu pengumuman yang telah ditentukan.

Disamping itu penolakan penyerahqn dukungan El-KTP dan pendaftaran dari paslon tersebut, pihak KPUD tidak membuat berita acara dan kehadiran pihak balon juga tidak dilengkapi dengan absen tamu atau daftar hadir oleh pihak KPUD.

"Jadwal atau tahapan pendaftaran balon perseorangan dengan waktu verifikasi atau pemeriksaan berkas masih ada tenggang waktu, yakni waktu verifikasi pada tanggal 26 Febuari, sedangkan data fisik yang kami miliki lebih kurang berjumlah 45.000 (empat puluh lima ribu) dukungan foto copy El-KTP, hanya saja yang baru kami kirim ke SILON berjumlah 22.549", ujar Indra.

Lanjut Indra, "atas tindakan yang dibuat oleh KPUD Asahan tersebut, kami merasa dizolimi dan tidak diberikan toleransi, untuk itu kami akan melaporkan masalah ini ke KPU Propinsi Sumatera Utara, DKPP, bahkan sampai pada tingkat KPU pusat."  EDWARD BANJARNAHOR

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu